Komunitas Blogger Madura
Kamis, 22 Maret 2012

Sosialisasi primer


Sosialisasi primer
*peter l berger dan luckman mendefinisikan sosialisasi primer sebagai sosialissasi.
Yang pertama dinjalani individu semasa kecil dan dengar belajar menjadi anggota masyarakat(keluarga).
      Sosialisasi primer berlangsung saat anak berusia 1-5 tahun atau saat anak belum masuk kesekolah.awal mulai mengenal anngota keluarga dan lingkungan keluarga secara  bertahap dia mulai mampu membedakan dirinya dengan orang lain disekitar keluarganya. Dalam tahap ini,peran orang orang yang terdekat dengan anak menjadi sangat penting sebab seorang anak melakukan pola interaksi secara terbatas di dalamnya.
Warna kepribadian anak akan sangat di tentukan oleh warna kepribadian dan interaksi yang  terjadi antara anak dengan anggota keluarga terdekatnya.
B.SOSIALISASI SEKUNDER
Adalah Suatu proses sosialisasi lanjutan setelah sosialisasi primer yang memperkenalkan individu kedalam kelompok tertentu dan masyarakat. Salah satu bentuknya adalah resosialisasi seseorang di beri suatu identitas diri yang baru,sedangkan dalam proses desosialsasi seseorang mengalami pencabutan identitas diri yang lama.
TIPE SOSIALISASI
A.sosialisasi formal
Sosialisasi tipe ini terjadi melalui lembaga lembaga yang berwenang menurut ketentuan berlaku dalam Negara,seperti pendidikan militer.
B.SOSIALISASI INFORMAL
-sosialisasi tipe ini terdapat di masyarakat atau dalam pergaulan yang bersifat kekeluargaan seperti antara teman,sahabat,sesame anggota klub,dan kelompok kelompok social ada didalam masyarakat.
Agen sosialisasi yang melaksanakan adalah pihak2 yang melaksanakan atau melakukan sosialisasi ada empat agen sosialisasi yang utama,yaitu keluarga,kelompok bermain,media massa dan lembaga pendidikan sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;