Komunitas Blogger Madura
Kamis, 22 Maret 2012

Pengertianinrteraksi social


Pengertianinrteraksi social

Lukman Ali DKK (1985:383)
Adalahhubungan social yang dinamisantaraorangperorangan,antaraperorangandengankelompok.Jadi kata  kunciyaadalahadalah “hubungan social yang dinamis”
Soerjonosoekanto
Hubungan social yang dinamis yang menyangkuthubunganantara orang peroranganangarakelompok.kelompokmanusia,maupunantara orang perorangandengankelompokmanusia.
Interaksi social di mulaipadasaatmenegur,berjabaktangan,ataucarasalamlainnya(ciumpipi). Ataubahkanseringmelirik,tersinggung yang mengakibatkan orang lain mengumpatlaluterjadiadumulut.bahkantidakjaranag orang sebelumnyakenal,karena di perhatikandengansinis,tanpa say hello langsungmulut,makaterjadiperkelahian.
Interaksi social merupakanhubungantimbalbalik.
                                Syaratutamaterjadinyaaktifitas social adalahadanyainteraksi social.
v  Menurut J. dwinarwokodanbagongSuryanto (2004) :
proses social adalahsikapinteraksi social yang berlangsungdalamsuatujangkawaktu, sedemikianrupa, sehinggamenunjukkan pola2 pengulanganhubunganperilakudalamkehidupanmasyarakat.
v  Soerjonosoekanto 2002 :
Menyebutkan proses social adalah cara2 berhubungan yang dilihatapabilaorangperseorangandengan orang lainatau orang perorangdengankelompok social salingbertemudanmenentukan system serta bentuk2 hubunganatauapa yang terjadiadaperubahan yang menyyebabkangoyahnyapola yang telahada.
Denganperkataanlain proses sosialdiartikansebagaipengaruhtimbalbalikantaraberbagaisegikehidupan bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;